Selasa, 27 Januari 2015

ARTIKEL STRAWBERRY

Sejarah Buah Strawberry

Buah ini dipercaya berasal dari benua Amerika, tepatnya dari daerah yang sekarang bernama Chile. Bentuknya yang manis dan memikat membuat buah strawberry dengan cepat menyebar ke daratan Eropa dan Asia. Dalam sejarah Yunani kuno, buah ini dijadikan sebagai lambang cinta atau dewi cinta. Hal ini mungkin didasari karena warna dan bentuknya yang cantik, aromanya yang wangi, serta rasanya yang kadang sangat asam dan kadang juga manis, seperti cinta itu sendiri.

Hingga saat ini asal nama buah strawberry belum jelas dan masih menjadi perdebatan. Ada banyak teori yang berkembang dari masing-masing wilayah. Ada teori yang menyebutkan jika nama strawberry diambil dari sebutan anak-anak di Inggris pada abad 19. Dimana letak buah memang berada pada ujung batang tanaman yang berbentuk panjang seperti sedotan (straw), dan mereka menjual buah tersebut dengan nama "straw berry" (buah berry yang berada pada straw / sedotan).

pohon buah strawberry

Namun teori yang paling populer mengenai asal nama dari buah ini adalah berdasarkan cara menanamnya (pada jaman dulu). Dimana cara menanam buah ini dengan cara menaburkan bijinya diatas tanah (strewn). Yaitu dari kata streabergen (strea adalah menaburkan, dan bergen adalah biji atau buah). Dari kata "streabergen" inilah kemudian berkembang menjadi streberie, strauberie, straubery, strauberry, dan terakhir menjadi strawberry.

 

 Manfaat buah Strawberry bagi kesehatan antara lain :


1. Memutihkan Gigi

2. Mampu menurunkan Kolesterol

3. Mengobati Jerawat

4. Anti Kanker

5. Mempekuat Daya Ingat

6. Baik untuk Pencernaan

7. Menyehatkan Jantung

8. Menghaluskan serta meremajakan Kulit

9. Membantu mencegah Darah Tinggi

10. Mencegah terkena Diabetes

11. Mencegah Leukimia

KANDUNGAN BUAH STRAWBERRY BESERTA MANFAATNYA

1. Vitamin

Buah stroberi kaya akan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C yang dikandung stroberi merupakan antioksidan alami yang dapat melawan penyebab infeksi dan radikal bebas. Vitamin C juga meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Kombinasi vitamin C dengan asam folat dan flavanoid dapat memberi perlindungan pada tubuh terhadap berbagai macam kanker. Selain itu, vitamin B kompleks pada stroberi membantu tubuh mencerna dan mengolah berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Buah stroberi juga mengandung vitamin A dan E. Kombinasi vitamin A dan E dengan flavanoid dapat melawan radikal bebas yang dapat memicu berbagai macam penyakit dan penuaan dini. Vitamin K  yang ada dalam stroberi juga berperan dalam proses penguatan tulang.

2. Antioksidan

Sama seperti buah lain, stroberi juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Phenols yang dikandung stroberi dapat melawan berbagai peradangan dalam tubuh, seperti osteoarthritis dan asma. Antosianin juga dapat melawan kanker, peradangan, dan sakit saraf.

3. Serat

Buah stroberi mengandung kalori dalam jumlah yang rendah, namun ia memiliki serat yang mudah diserap. Serat ini dapat memperlancar sistem pencernaan, menurunkan tekanan darah, serta mengekang nafsu makan. Dengan kata lain, stroberi bagus dimasukkan dalam menu diet.

4. Mineral

Manfaat buah stroberi juga diperoleh dari mineral yang dikandungnya. Mangan dalam mineral dapat mengontrol tekanan darah dan kerja jantung. Mangan juga berfungsi dalam proses pembentukan tulang dan mempertahankan struktur tulang yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar